Sabtu, 23 April 2011

Peran pemerintah Jepang dan Padang pasca gempa

Gempa Jepang

11 Maret lalu dunia sempat dikagetkan dengan bencana gempa di Jepang dan disusul dengan tsunami. Gempang di jepang yang berkekuatan 8,9 SR itu memporak-porandakan hampir seluruh Jepang dan tanpa berhenti langsung disusul dengan tsunami yang meluluhlantahkan seisi Jepang.
Namun, seperti yang kita tahu, Jepang ada negara yang berisi ahli-ahli yang cerdas dalam bidangnya. Jepang juga merupakan salah satu negara paling maju di dunia di bidang teknologinya.


Seperti yang terjadi pada bencana gempa kemarin. Bukan hanya bangunan dan korban manusia, namun juga infrastruktur seperti jalan menjadi rusak parah. Bahkan kendaraan dan warga pun dilarang untuk melewati jalan di kawasan Great Kanto tersebut.
Sebagai negara maju ternyata Jepang dapat membuktikannya, yaitu pada saat pemerintah setempat dengan cepat melakukan rekonstruksi di kawasan tersebut.
Meskipun kerusakan sangat parah, namun pemerintah Jepang dapat memperbaiki jalan tersebut hanya dalam kurun waktu 6 hari, dan langsung bisa digunakan untuk lalu lintas umum. Kita harus mengakui terkagum dengan kecepatan pemerintah Jepang yang secara cepat dan tepat memulihkan kondisi wilayah mereka pasca bencana. Hal ini bukan saja karena Jepang adalah negara maju, namun juga karena pemerintah yang melakukan peran yang baik dalam membangun Jepang.


Gempa Padang
Masih jelas di ingatan kita peristiwa pada tanggal 30 September 2009 lalu. Pada saat itu provinsi Sumatera Barat, terkhusus di kota Padang dilanda bencana gempa berkekuatan 7,6 SR. Gempa ini termasuk berskala besar, terlihat dari banyaknya bangunan yang roboh, korban jiwa, dan infrastruktur yang rusak.


Sama halnya dengan di Jepang, di Padang juga terlihat beberapa sudut jalan yang retak dan rusak, bahkan juga longsor, dan sangat berbahaya bagi pengedara kendaraan. Namun hal ini terlihat berbeda dengan yang terjadi di Jepang. Yang terjadi di Padang adalah pemerintah justru terlihat lamban untuk memperbaiki kerusakan yang ada.
Komitmen pemerintah untuk mengatasi kerusakan pasca gempa sepertinya perlu dipertanyakan. Karena jika terus dibiarkan akan sangat berbahaya bagi warga setempat.
Pemerintah kita juga seharusnya banyak belajar dari pemerintah Jepang yang dengan cepat memperbaiki struktur dan infrastruktur demi keamanan dan kenyamanan warganya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.